Kompetisi Sketsa ITN Malang Gali Potensi Mahasiswa

IMG_7521-732x488

Sketsa merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang arsitek. Dengan sketsa maka arsitek akan lebih mudah mempresentasikan idenya pada klien, selain itu sketsa merupakan karya seni yang dapat dinikmati. Atas dasar pentingnya sketsa inilah Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) ITN Malang menggelar kompetisi sketsa, Minggu (22/10). Setelah sebelumnya mengadakan talkshow sketsa dengan mendatangkan pembicara Wahyu Sigit Priyo Utomo. “Kami ingin memotivasi adik-adik mahasiswa angkatan baru sekaligus bersama-sama untuk berprestasi di bidang sketsa. Seperti halnya kakak-kakak tingkat yang sudah banyak meraih prestasi di bidang yang sama. Selain itu dapat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah yang identik dengan sketsa,” ujar Dony Hermawan Ketua Pelaksana.

IMG_7523

 

Kompetisi diikuti oleh 120 mahasiswa baru ini masih satu rangkaian dengan kegiatan Architecture Day’s. Mengambil tempat di depan gedung rektorat dan depan auditorium kampus 1 mahasiswa bebas mengambil angle yang menurut mereka menarik. “Kami bebaskan mereka menggambar dari sudut mana saja. Dengan pewarnaan bebas, bisa hitam putih atau berwarna supaya peserta dapat mengeksplore karakter sketsa mereka,” tambahnya. Para peserta diwajibkan men-unggah hasil karyanya ke instagram dengan menge-tag instagram Wahyu Sigit Crueng nama lain dari Wahyu Sigit Priyo Utomo sebagai juri. Penilaian dilihat dari proporsi gambar, komposisi dan shading. “Dari hasil sketsa mahasiswa ada beberapa yang sudah mengarah dan sesuai teori. Tapi disini kami ingin mengenalkan dan menumbuhkan terlebih dahulu kecintaan mahasiswa kepada sketsa dan bagaimana membuat sketsa yang baik,” tuturnya.

Untuk mengapresiasi karya mahasiswa maka diambillah tiga besar terbaik. Masing-masing adalah juara 1 : Fariz Hidayat, juara 2 : Herman Farozi dan juara 3 : Nur Shafira. “Kami berharap kegiatan ini bisa memacu motivasi peserta untuk terus berkarya lewat sketsa, dan juga membantu mahasiswa dalam memaksimalkan hasil tugas perkuliahan,” harapnya. (mer/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page