Ungkap Kenyataan di Lapangan, Program Studi Arsitektur Gelar Diskusi dengan Praktisi

Ungkap-Kenyataan-Lapang-Program-Studi-Arsitektur-Gelar-Diskusi-dengan-Praktisi-2-732x464

Mahasiswa arsitektur ITN Malang mengikuti forum diskusi ringan dengan para praktisi arsitektur, Kamis (7/12). Forum yang diadakan di studio lantai 4 gedung FTSP ini didominasi oleh mahasiswa semester 7 dan mahasiswa dari studio skripsi arsitektur. Mereka dibekali pengetahuan tentang kenyataan arsitektur di masyarakat.

Ir. Suryo Tri Harjanto, MT., Kepala Program Studi Arsitektur menerangkan, mahasiswa harus diberi informasi tentang kenyataan di lapangan yang tidak didapat dalam mata kuliah. Mahasiswa diharapkan bisa belajar dan memiliki tambahan pengalaman dari dunia profesi, sehingga lulusan ITN Malang bertambah baik kualitasnya. “Kalau kualitas mahasiswa bagus maka masyarakat akan semakin percaya pada ITN, sehingga Prodi Arsitektur menjadi pilihan masyarakat kedepannya,” terangnya.

Lagipula diskusi tersebut berupa sharing pengalaman yang diberikan sendiri oleh alumni ITN Malang. Sehingga forum berjalan penuh kekeluargaan dan mahasiswa tidak canggung untuk banyak bertanya. Kegiatan seperti ini menurut Suryo sudah sering diadakan oleh alumni. Mereka membentuk komunitas sesuai dengan angkatan masing-masing yang kemudian diwadahi dalam Ikatan Alumni Arsitektur ITN (IAAI).

Ungkap-Kenyataan-Lapang-Program-Studi-Arsitektur-Gelar-Diskusi-dengan-Praktisi-1-300x207

Misalnya INHABITAT 98 dari alumni angkatan 98 juga sudah bekerjasama dan memberikan kontribusi untuk prodi. Kemudian sekarang dengan Patembayan Citrakara dari alumni angkatan 94. “Kontribusi alumni kepada prodi sangat besar manfaatnya. Apalagi alumni sudah banyak yang sukses menjadi praktisi di bidangnya. Mereka mempunyai perusahaan dan lembaga konsultan sendiri. Ini bisa menjadi tempat magang bagi mahasiswa,” tambahnya.

Yosua Erik Prasetyo Ketua HMA ITN Malang saat ditemui disela-sela acara berharap, dengan kegiatan ini mahasiswa lebih memahami bahwa arsitektur cakupannya sangat luas. “Belajar tentang arsitektur tidak hanya mengenai desain saja, tapi juga teknik verbal dan visual. Dan dari para alumni inilah kami bisa belajar banyak tentang perkembangan arsitektur,” kata mahasiswa asli Solo ini. (mer/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page